Posted by : Brilian Listiana Visi 22 Jun 2012

         Saya teringat akan obrolan saya dan kawan-kawan kosan, berkenaan dengan salah satu sahabat kami yang sedang bermasalah. Ada salah seorang kawan yang mengatakan kalimat ini,  "Jika hanya ada satu orang yang bermasalah dengan kita, kemungkinan hanya orang itu yang tidak menyukai kita. Namun bila banyak orang yang  tidak menyukai kita, maka artinya banyak yang bermasalah dengan kita." Artinya, bukanlah suatu masalah bila hanya satu atau dua orang saja yang tidak menyukai kita, mungkin mereka yang berwatak tidak baik. Namun bila telah banyak orang yang tidak menyukai kita, atau bahkan menjauhi kita, maka ada yang salah dengan diri kita.
           Namun pada hakikatnya, tidak semua orang dapat memahami hal tersebut. Salah satu dari mereka yang tidak memahaminya pasti selalu berpikir bahwa ia yang paling benar dan tidak mau disalahkan. Padahal, apa yang manusia pikirkan tidak selalu benar. Orang-orang yang demikian ini terkadang cenderung emosional, tidak mau di tegur atas segala kesalahannya, dan hanya ingin menang sendiri. Entah mengapa mereka cepat sekali tersinggung, padahal maksud orang lain tidaklah buruk padanya. Namun mereka terus saja menganggap buruk hal yang dikerjakan orang lain.
      Jadi, bagaimana cara untuk introspeksi terhadap diri kita? Apakah kita termasuk orang yang bermasalah dengan banyak orang? Pernah juga ada teman yang mengatakan pada saya, "Jika ada teman mu yang memusuhimu atau tidak menyukaimu, ada tiga kemungkinan. Yang pertama, dia yang salah. kemungkinan yang kedua, kamu yang salah. dan kemungkinan yang terakhir adalah salah paham." Namun bagaimana cara untuk mengetahui dari kemungkinan tersebut? Ada tiga cara yang dapat anda lakuakan.
          Coba lah tanya beberapa teman anda, pertama tanya lah pada teman dekat anda, yang kedua tanya pada teman yang kurang dekat dengan anda. Dan yang terakhir, tanya lah pendapat teman yang baru anda kenal tentang diri anda.
 
    Dan, ketika mereka memberikan jawaban yang kurang diharapkan, jangan merasa tersinggung. Karena, baik buruknya pendapat teman-teman anda adalah gambaran dari sikap anda selama ini. Jangan berkecil hati bila tanggapan mereka tentang anda kurang baik, jadikan ini sebagai titik pacu untuk memperbaiki diri. Karena rasa minder dengan sikap anda yang buruk tidak akan membantu mengatasi masalah ini. Jadilah pribadi yang tangguh dan bertanggung jawab atas apa yang telah anda perbuat. Jangan sampai anda dijauhi oleh rekan-rekan sekitar anda karena sikap anda yang kurang baik serta tempramen.

          Mengakui kesalahan anda, tidak akan membuat anda menjadi rendah diri. Justru, orang yang berani mengakui kesalahan serta mau bertanggung jawab merupakan salah satu ciri sikap yang bijak.


Semoga artikel ini dapat membantu :D

{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. sepertinya berkata jujur itu pilihan terbaik meskipun itu terasa sakit......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diam itu emas, dari pada kisruh rif...
      tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik, dan
      tidak semua orang bisa memahami maksud baik orng lain. :)

      Hapus
  2. satu masalah umum sih gini lis
    ngga semua orang bisa nerima kenyataan,ketika seorang lain berkata jujur,ada pihak yang ngga bisa nerima kejujuran itu :D

    setuju sama arif,jujur itu yang terbaik,toh konsekuensi selalu ada

    BalasHapus
  3. sebenernya tergantung cara ngomongnya juga kok.. ^^
    mungkin cara ngomongnya sedikit disesuaikan aja sama pihat yang bersangkutan..
    Pinter2 kita aja..heheh :D

    BalasHapus

- Copyright © 2013 KEEP CALM and READING ON - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -