Posted by : Brilian Listiana Visi 15 Nov 2012

Menurut para ilmuwan, lebih dari 10.000 radikal bebas menyerang sel - sel badan kita setiap hari. Radikal bebas adalah atom atau molekul yang sangat aktif dan tidak stabil, karena mempunyai satu elektron tidak berpasangan dalam strukturnya. Untuk menjadi stabil, atom atau molekul ini perlu mendapatkan satu elektron. Caranya ialah dengan mencuri satu elektron dari molekul lain, dan molekul lain tadi akan berubah menjadi radikal bebas karena kehilangan satu elektronnya, demikian seterusnya sehingga akan menjadi proses yang berantai. Rantai reaksi ini akan merusak fungsi sel -sel. Dan menyebabkan sel mati.


Sumber radikal bebas antara lain :
Makanan tidak sehat - Makanan berlemak, digoreng dan hangus (seperti kepingan hitam pada sate atau ikan bakar).
Minuman beralkohol. Rokok - Sebatang rokok dapat membebaskan 3 triliun radikal bebas ke dalam sistem peredaran darah.
Bahan kimia toksik (seperti racun serangga). Sinar UV.

Radikal bebas dapat mempercepat proses penuaan dan meningkatkan resiko penyakit seperti jantung, stroke, kencing manis, arthritis dan kanker. Untuk mencegah kerusakan tubuh akibat serangan radikal bebas diperlukan senyawa yang disebut antioksidan. Anti oksidan adalah senyawa yang mampu mendonorkan elektronnya untuk menetralkan sifat merusak dari radikal bebas.(Harian Metro Online Jumat, 08 Jun 2007)

Antosianin pada beras hitam terdiri dari cyanidin-3-glucoside (Cy-3-glu) dan cyanidin. Jenis antosianin ini ditemukan memiliki kemampuan antioksidan yang kuat yang dapat melawan ROS (reactive oxygen species; sejenis radikal bebas)
dan mengurangi kerusakan sel yang terpapar oleh sinar UV.( JOURNAL OF HEALTH SCIENCE Vol. 52 (2006) , No. 5 495-511)
Hasil penelitian Jung Yun Kim, Min Hee Do, Sang Sun Lee menunjukkan bahwa beras hitam memiliki efek cardioprotektif. (Annals of Nutrition and Metabolism 2006;50:347-353). Antosianin juga dikatakan mempunyai sifat antikarsinogenik, memberi perlindungan kepada sistem kardiovaskular, menjaga kadar gula dalam darah, khususnya bagi penderita kencing manis, mencegah penyakit saluran kencing dan menghambat serangan bakteria Helicobacter pylori yang menyebabkan masalah lambung, kanker perut dan radang usus.
Selain aspek kesehatan, antosianin digunakan secara luas untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini dengan membentuk kolagen baru karena pada saat yang sama ia juga mampu meningkatkan efek vitamin C dan E untuk mengembalikan keremajaan kulit.(Harian Metro Online Jumat, 08 Jun 2007)

Jika anda mencari alternatif yang lezat untuk beras merah, beras hitam rasanya lebih manis, sangat enak. Tidak heran jika beras hitam sanggup memikat siapa saja yang ingin menjalani hidup sehat tanpa mengonsumsi beras putih.

Selain rasa yang enak, beras hitam memiliki beberapa manfaat kesehatan yang unik. Berikut adalah cara untuk memahami manfaat kesehatan dari beras hitam seperti dilansir eHow.com:

1. Beras hitam adalah beras pusaka yang dibudidayakan di Asia, yang pernah tumbuh sebagai makanan wajib untuk kaisar. Sesuai dengan namanya, beras hitam tampak hitam ketika mentah, tetapi ketika dimasak ternyata berwarna ungu tua. Warnanya saja sudah mengundang rasa penasaran untuk disantap. Tetapi bahkan jika ungu bukan warna favorit Anda, nasi ini terap menarik untuk disantap karena mengandung manfaat bagi kesehatan.

2. Beras hitam mendapatkan warna gelap karena adanya pigmen flavonoid yang dikenal sebagai antosianin, pigmen tanaman dengan sifat antioksidan yang kuat. Antosianin adalah pigmen yang sama yang memberikan banyak merah gelap dan ungu buah seperti blackberry, ceri tua, dan raspberry yang kaya warna dan manfaat kesehatan. Antosianin sedang diteliti untuk peran mereka dalam mencegah berbagai penyakit kronis termasuk kanker, diabetes, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer. Sebagian besar manfaatnya didapat karena senyawa antioksidan dan antiinflamasi. 

3. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition pada tahun 2008 menunjukkan bahwa ekstrak dari beras hitam saat diujicoba pada tikus membantu mencegah perkembangan plak aterosklerosis pada arteri utama dari jantung, jenis yang akhirnya akan menyebabkan serangan jantung. Ini juga menurunkan komponen lipid termasuk trigliserida. Bahkan, ekstrak beras hitam ditemukan sekuat resep obat simvastatin, obat yang digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Efek ini timbul dari antosianin yang begitu melimpah di beras hitam. Karena sifat anti-inflamasi dan menurunkan kolesterol dari antosianin yang ditemukan pada beras hitam, padi-padian ini dapat membantu untuk menangkis serangan jantung. 

4. Beras hitam adalah sumber mineral yang baik, termasuk besi, serta serat dan memiliki profil nutrisi agak mirip dengan beras merah. Kehadiran antosianin memberikannya keunggulan gizi dibandingkan beras merah. 

5. Pada intinya, beras hitam, dengan rasanya yang lezat, menjadi alternatif selain beras putih yang kurang bergizi dan memberikan alternatif lain yang sehat untuk beras merah. Harga beras hitam mungkin sedikit lebih mahal dari beras merah, namun harga yang Anda bayarkan pastinya tidak sia-sia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 KEEP CALM and READING ON - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -